Minggu, 10 Februari 2013

Penyebab Tidur Tidak Nyenyak

Foto Ilustrasi

Apakah anda sering merasa pegal saat bangun tidur atau sangat sulit membuka mata? Itu berarti kualitas tidur anda kurang baik, bukan banyaknya waktu yang kita habiskan untuk tidur namun kenyamanan anda tidur untuk memperoleh kesegaran  dalam mengawali aktifitas. “ kita seharusnya merasa segar setelah bangun tidur, bukannya lelah atau lemas. Jika anda merasa seperti itu, ada indikasi sesuatu terjadi selama anda tidur dan anda tidak menyadarinya” ucap Michael Decker, PhD, Profesor dari Georgia State University. Banyak faktor yang mempengaruhi kualitas antara lain :
1.    Ketinggian , saat anda berada di daratan tinggi kualitas tidur anda cenderung berkurang karena udara menjadi lebih tipis, sehingga nafas pun menjadi tak teratur,tingkat oksigen yang masuk ke dalam otak pun lebih sedikit sehingga tidur menjadi tidak nyenyak.  Faktor ketinggian ini juga terjadi saat anda tidur dalam pesawat.
2.    Mengkonsumsi obat-obatan tertentu, beberapa obat memiliki efek samping baik itu mengakibatkan tidur atau mengganggu tidur. Obat yang menganggu tidur dapat menyebabkan diuretic sehingga harus serinmg bolak balik ke kamar mandi.
3.    Bekerja malam hari, bekerja pada shift malam tnpa disadari dapat mengurangi kualitas tidur. Sebuah penelitian dari Sleep Foundation pada tahun 2005 menyatakan, 14 persen orang Amerika yang bekerja pada shift malam mengalami masalah dalam tidur entah itu kelelahan, tidak nyaman atau insomnia. Hal ini dikarenakan kepekaan tubuh pada cahaya, sehingga tubuh mengambil isyarat adanya cahaya sebagai sinyal untuk bangun. Salah satu cara yang bisa anda gunakan yakni memakai penutup mata untuk menstimulasi kegelapan.
4.    Suhu ruangan, kondisi ruangan dan suhu badan yang hangat bisa mempengaruhi nyenyak tidaknya tidur seseorang. Jika kamar terlalu hangat maka suhu tubuh akan meningkat danmembuat kita terbangun maka mendinginkan ruangan akan menjadikan tidur lebih nyenyak dan berkualitas.
5.    Kesepian, dari hasil penelitian sebuah studi kesepian bukan hanya menggangu pikiran dan hati namun juga berakibat pada kualitas tidur yang di dapat. Kualitas tidur yang didapat seseorang yang tidak kesepian jauh lebih baik dibandingkan oleh seseorang yang kesepian.
6.    Tidur bersama binatang peliharaan, saat anda tidur bersama hewan peliharaan kualitas tidur juga akan menurun bahkan buruk. Dengkuran njing atau kucing akan menggangu anda tanpa anda sadari. Penyebaran penyakit cenderung terbuka lebar saat anda tidur dengan hewan peliharaan. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar