Jumat, 09 November 2012

Kami Tamu UI Workshop Jurnalistik 2012 -9 November

Tika, Silvi, Bima, Dina dan Ina
“What does deadline mean in the world of smartphone?, what are the most effective roles for journalists in an age where citizens can increasingly go directly to the source of news?”
 –Krisnadi Yuliawan-

Jumat- Sabtu, 9-10 November 2012, Universitas Indonesia menyelenggarakan Workshop Pers Kampus UI 2012 dengan pembicara- pembicara yang kompeten dibidang jurnalistik yakni Meily Badrianti,M.Si, Krisnadi Yuliawan, Rachmadian Bachtiar, Dandy Laksono, dan Supadiyanto. Kegiatan ini mengambil tempat berbeda setiap harinya, hari pertama diselenggarakan di Auditorium Lantai 6 Perpustakaan UI , dan hari kedua di Ruang Apung Perpustakaan Pusat. Workshop yang diikuti oleh 65 peserta ini selain diikuti oleh perwakilan mahasiswa Universitas Indonesia juga diikuti beberapa perwakilan universitas lain yakni Universitas Tarumanagara, Universitas Gunadarma, Universitas Paramadina dan Intitut Pertanian Bogor.
                Kegiatan ini sangat menarik selain diisi oleh pembicara yang spesialis peserta juga terlihat antusias dilihat dari banyaknya lontaran pertanyaan pada setiap sesi. Ramadian Bachtiar seorang fotografer jurnalistik yang memulai karir fotografi di Jerman ini menjadi salah satu pembicara yang digandrungi banyak pertanyaan. Dari mulai pertanyaan yang berbau teknis sampai passion.

                Selain mengupas dasar jurnalistik, fotografi jurnalistik, jurnalisme konvensional dan Jurnalisme Online, Investigative journalism juga membawa aura tersendiri. Pembawaan Dandy Laksono membawa peserta pada atmosfer yang berenergi namun ringan. Menurutnya investigasi bukanlah untuk kasus- kasus yang besar dan melibatkan petinggi- petinggi saja, hal – hal sepele yang berada di sekitar kita yang tidak kita ketahui bisa menjadi bahan investigasi. “ Liputan investigasi itu tidak bisa mengandalkan ucapan narasumber perlu dokumen yang jelas dan kesaksian orang lain” begitu pembawaannya. Ada yang menarik pada sesi ini. Peserta diuji untuk menerangkan kejadian ketika mereka berbalik badan dan Dandhy selaku pembicara melakukan hal yang tidak mereka tahu. Ada botol air yang airnya berkurang, air tumpah dimeja, dua botol air yang berada tidak jauh dari botol air yang berkurang. Apakah yang terjadi dengan botol tersebut ketika mereka berbalik badan? Tak seorangpun mendapat kepastian.  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar