Minggu, 18 November 2012

INDOSIAR


Kunjungan ke salah satu stasiun televisi swasta di Jakarta Barat, INDOSIAR. Terima kasih kepada Bapak Gufroni Sakari selaku ketua bagian Humas yang banyak membantu, Bapak Gafar Goetadi yang memberikan jalan serta staf- staf  yang berada pada bagian kehumasan maupun produksi talkshow Kata Hati Indosiar. 

2.1         Programming
P         Programming atau lengkapnya broadcast programming adalah pengorganisasian program radio atau televisi dalam periode harian, mingguan, atau dalam periode satu bulanan. Programming dalam bahasa Indonesia adalah penjadwalan program yang akan diudarakan (to be aired). Lembaga penyiaran umumnya menggunakan strategi, yaitu secara rutin mengganti ulang penjadwalan ini untuk tetap merebut perhatian pemirsanya (audience) dengan hadirnya program- program yang terbarukan. Langkah ini dilakukan agar dapat tetap bersaing dengan lembaga penyiaran yang lain dalam satu kawasan.[1] Satu stasiun penyiaran selalu merencanakan programnyasecara strategis, yaitu merancang secara sebaik mungkin, sehingga tetap meenarik dan menjaga ketertarikan penonton. 
Program Siaran
Acara televisi atau program televisi merupakan acara-acara yang ditayangkan oleh stasiun televisi. Secara garis besar, program TV dibagi menjadi program berita dan program non-berita.
Jenis Program Siaran
Jenis program televisi dapat dibedakan berdasarkan bentukjadi (format) teknis atau berdasarkan isi. Bentukjadi teknis merupakan bentukjadi umum yang menjadi acuan terhadap bentuk program televisi seperti gelar wicara (talk show), dokumenter, film, kuis, musik, instruksional, dll. Berdasarkan isi, program televisi berbentuk berita dapat dibedakan antara lain berupa program hiburan, drama, olahraga, dan agama. Sedangkan untuk program televisi berbentuk berita secara garis besar digolongkan ke dalam warta penting (hard news) atau berita-berita mengenai peristiwa penting yang baru saja terjadi dan warta ringan (soft news) yang mengangkat berita bersifat ringan.
Talkshow
Istilah Talkshow adalah aksen dari bahasa inggris di Amerika. Di Inggris istilah talkshow biasa disebut chat show. Pengertian talkshow adalah sebuah program televisi atau radio dimana seseorang ataupun kelompok berkumpul bersama untuk mendiskusikan berbagai hal topik dengan suasana santai tapi serius, yang dipandu oleh seorang host atau moderator. Talkshow menghadirkan tamu berkelompok yang ingin mempelajari berbagai pengalaman hebat. Di lain hal juga, seorang tamu dihadirkan oleh moderator untuk berbagi pengalaman. Acara talkhow ini biasanya diikuti dengan menerima telpon dari para pendengar atau penonton yang berada di rumah atau ditempat lain. The Oprah Winfrey Show menjadi talk show nomer satu pada tahun 1986. Acara ini ditonton oleh 48 juta pemirsa setiap minggunya di Amerika Serikat dan disiarkan secara internasional di 126 negara. Mulai debutnya sejak 1986 di acara TV di Baltimore.


[1] Hidajanto Djamal dan Andi Fachruddin, Dasar- Dasar Penyiaran Sejarah, Organisasi, Operasional, dan regulasi (Jakarta : Kencana, 2011) hlm. 135



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar