Senin, 22 April 2013

Berorientasi Pada Proses Bukan Nielsen

Workshop Produksi Program TV yang Berkualitas merupakan salah satu kegiatan dalam rangkaian Indonesia Broadcasting Expo (19/4) yang bertempat di Balai Kartini dengan menghadirkan pembicara Andi Chairil (Kepala Divisi Produksi Trans7) dan Indra Yudhistira (Deputi Direktur Program dan Produksi Indosiar) dengan moderator Tina Talisa (presenter Indosiar).
            Andi Chairil mendapat kesempatan pertama untuk membawakan materi membahas program TV yang pada hakikatnya adalah sebuah product. Dengan gayanya yang khas ia memaparkan research mengenai rating serta share yang dibuat oleh Nielsen. Dalam data- data yang diberikan kepada peserta tersebut ia menjelaskan beberapa tabel yang menggambarkan program acara yang menduduki tempat teratas serta tabel masyarakat yang menjadi sampel. Genre program yang menduduki tingkat paling atas adalah series yakni sinetron kemudian disusul dengan movie. Meskipun Nielsen merupakan satu- satunya lembaga riset yang menjadi tolok ukur stasiun TV namun ia mengubah mindset tersebut. Nielsen bukan sebagai orientasi utama, melaikan proses.” Buat saya yang penting adalah sebuah proses" tuturnya. Menurutnya dalam membuat suatu program harus menekankan konten yang menperhatikan hati, norma, pemikiran, empaty, pengalaman serta estetika.
            Berbeda dengan pembicara sebelumnya, Indra Yudhistira membuka sesinya dengan memutarkan video mengenai lima hal yang dibenci oleh para broadcaster TV yakni tidak mempunyai ide, ketika ide muncul tidak ada seorangpun yang percaya, ketika orang disekitar mulai percaya diri sendiri mulai tidak yakin, terlalu banyak kompromi dan menunggu rating. Ia telah banyak membuat program TV sampai pada satu tahap kesadaran bahwa program- program yang ia buat harus mempunyai manfaat bagi banyak orang dan ia menekankan bahwa Nielsen jangan dijadikan berhala bagi insan pertelevisian.
 Helmi Yahya turut mengisi worksop dengan berbagi pengalamannya di dunia pertelevisian yakni dibuktikan dengan menciptakan 200 program TV.




Workshop Indonesia Broadcasting Expo
PRODUKSI PROGRAM TV YANG BERKUALITAS 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar