Rabu, 25 Juli 2012

"Negeri 5 Menara" novel inspiratif





"MAN JADDA WA JADDA"
siapa yang bersungguh- sungguh pasti ada jalan

Parlez Vous Francais?
“..untuk bisa maju dan berprestasi, kita tidak boleh biasa- biasa saja. Harus mencari yang lebih baik berbeda…” itulah yang sering kulakukan ketika melakukan banyak hal. Aku ingin yang lebih dari oranglain, usahakuu! Ya itu.
Dalam kisah A. Fuadi bab ini aku teringat saaat perlombaan menbuat spanduk untuk sebuah acara. Teman teman kelasku yang lain sibuk membuat spanduk yang membakar semangat dan enerjik  meskipun beragam tapi ya pasti tulisannya arab atau inggris. Tapi teman sekelasku sepakat untuk membuat spanduk bertuliskan mandarin. WAAAAW kereeen !! batinku karna tak ada yang menyita perhatian selain spanduk kelasku  ini. It’ll be different saaat aku mengecat tulisan itu.
Ehhmmm

Ich mochte journalist werden
Obsesiku sama seperti  A.Fuadi ingin menjadi jurnalis yang handal. Meskipun pengalamanku sangat kurang dibidang ini. Hanya menjadi sekertaris kelas saat SD hingga SMA. aku slalu ditunjuk menjadi sekertaris kelas yah bagiku ini membuktikan bahwa aku suka menulis dan tulisanku bisa dibaca. Awalnya aku risih dengan jabatanku ini sangat membosankan, bayangkan saja dari SD hingga SMA jabatanku tak berubah tapi mungkin dengan ini aku berlatih menjadi orang yang bertanggung jawab. Saat aku aktif organisasi di SMP pun aku dipercaya menjadi sekertaris padahal aku junior di depertemenku maklum organisasiku gabungan dari SMA dan SMP.

ARAB atau INGGRIS?, pilih salah satu
Setiap miggu bahasa yang digunakan dalam asrama selalu berubah, arab atau inggris. Kalau tidak menggunakan bahasa yang ditetapkan yahh mendapat panggilan offender saat pengumuman yang di bacakan setiap malam setelah solat magrib. Inilah saat saat menegangkan aku dan teman teman setiap malam. Aku pernah merasakannya 2 kali. Ehhhmmm perdana…. Aku panik aku geliah saat namaku dipanggil dan harus menuju language department, apa yang akan terjadi? Waktu makan malamku pun terlewat begitu saja. Apa yang akan dilakukan language departemen dengan kesalahanku ini?
“Mama.. aku harap mama disini menjengukku” doaku sesaat setelah namaku masuk daftar hukuman itu. Tapi tak mungkin juga tiba tiba malam seperti ini orang tuaku datang tanpa alasan, selain hari minggu.
Pasrah, hanya itu dalam benakku. Aku belum tau apa kata kata  yang kuucap selain inggris (minggu ini minggu berbahasa igggris).
 Ohhh GOD !HELP ME !ternyata aku tak sadar berbahasa Indonesia di lorong kamar. Jadilah aku spyer. Menjadi hantu yang bergentayangan mancari mangsa yang berbahasa Indonesia pula setelah paginya aku menghapal setoran 50 kata bahasa Inggris. yah aku terbantu lagi karna aku pernah kursus bahasa Inggris saaat aku SD 3th yaaaa tidak beratlah hukuman ini batinku. Tapi menjadi jasus(spyer) inilah yang berat belum tentu aku dapat korban. Aku cerita tentang hukuman ini pada teman dekatku di kamar dan dia akan membantuku untuk menyelasaikan urusan ini. Saat aku mangantri mandi dengan temanku ini dia menyenggolku, aku tiba tiba kesal tapi eh ternyata dia memberitahuku untuk mendengar sengan seksama. Listen please! Ada yang berbahasa Indonesia.

 "Belajarlah kamu sesungguhnya ilmu menghiasi bagi pemilik ilmu"

"Orang yang pintar akan ditinggikan beberapa derajat baginya"

The last..
Pertanyaaan setelah baca buku ini dan melihat komentar pembaca
Bahasa yang dibaca Bill Liddle-Ohio State University, Columbus Ohio, AS itu dalam terjemahan bahasa Inggris ya?
*Akan exited kalau boleh membacanya dalam versi Inggris 

Thank you 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar